Minggu, 09 Desember 2018

Daftar Indeks Kelola Katadata

Indeks Kelola Katadata telah diluncurkan oleh kanal baru milik katadata yakni KIC atau singkatan dari Katadata Insight Center. Fungsi dari Indeks kelola katadata adalah untuk mengukur suatu efektivitas dalam hal penggunaan APBD (anggaran pendapatan dan Belanja Daerah) yang dikelola oleh Pemerintah daerah atau Pemda. Dengan adanya indeks tersebut, bisa dijakdikan acuan untuk memberikan suatu penghargaan kepada sebanyak 66 Pemeritnah daerah yang mampu mengelola anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan cara yang paling efektif.
Indeks Kelola Katadata
Indeks Kelola Katadata

Gumilang Aryo Sahadewo, Staf Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM (Univeritas Gadjah Mada) menyebutkan bahwa fungsi dari indeks kelola adalah memberikan insentif pada pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas anggaran dan juga sejumlah program untuk mencapai outcome (hasil) pada bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan juga kesejahteraan.

Untuk diketahui, Indeks kelola ini adalah hasil kerja dari Katadata Insight Center, Jari Ungu, dan para ahli ekonomi independent yang ahli dalam bidangnya. Sementara itu, Indeks kelola juga diawaki oleh tim sejumlah ahli seperti kepala pemantauan dan evaluasi TNP2K (Tim Nasonal Percepatan Pemberantasan Kemiskinan) yakniDr. Elan Satriawan, M.Ec, lalu ada Dr. Rimawan Pradityo, M.Sc, Dosen FEB UGM, dan juga Dr. Gumilang Aryo Sahadewo, M.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar